diskusi publik muhammadiyah dan rocky gerung

Rocky Gerung: Muhammadiyah Punya Peran Sentral Dalam Mensuplai IQ Bangsa

diskusi publik muhammadiyah dan rocky gerung
Diskusi publik Tokoh Muhammadiyah se Sulawesi Selatan, 18 Desember 2018 di Novotel Makassar. Tema tentang Kiprah Muhammadiyah dalam Pendidikan dan Politik Kebangsaan.

Diskusi publik tentang kiprah Muhammadiyah dalam pendidikan dan politik kebangsaan menghadirkan beberapa tokoh. Hadir sebagai pembicara antara lain, Prof.Dr. Ambo Asse (Ketua PWM Sulawesi Selatan), Prof. Dr. Suyatno (Pimpinan Pusat Muhammadiyah), Dr. Rocky Gerung (Pengamat Politik Kebangsaan, UI), Dr.H.Abd Rahman Rahim, S.E., M.M. (Rektor Unismuh Makassar). Dr. H.M.Syaiful Saleh, M.Si. (Calon Anggota DPD RI). Moderator M.Mashuri Masyhuda. (Presidium Aliansi Pencerah Indonesia)

Diskusi publik ini di fasilitasi Tokoh Masyarakat Sulawesi Selatan H.M Aksa Mahmud.

Dalam forum ini dibahas bagaimana partisipasi aktif Muhammadiyah dalam membangun peradaban bangsa melalui bidang pendidikan setidaknya tergambar dari ribuan amal Usaha Muhammadiyah dibidang pendidikan dari tingkat pra sekolah / TK sampai Perguruan Tinggi setidaknya sampai saat ini yidak kurang dari 176 Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang tersebar diseluruh Nusantara. Prof Suyatno menegaskan “peran kebangsaan Muhammadiyah tidak diragukan jauh sebelum masa Kemerdekaan RI, Muhammadiyah telah memulai investasi dibidang pendidikan, dan sampai saat ini Muhammadiyah sedang memginisiasi pendirian PTM di Luar Negeri salah satunya di Australia”.

Rocky Gerung membenarkan betapa besar kontribusi Muhammadiyah dalam menata peradabang bangsa, bahkan menyebut “Muhammadiyah punya peran sentral dalam mensuplai IQ bangsa, dan Muhammadiyah tidak boleh berhenti berfikir karena itu akan berdampak pada pertumbuhan Akal Sehat bangsa, Matahari Muhammadiyah terbit setiap hari dan itu artinya berkemajuan”

Prof. Dr. Ambo Asse memaparkan pentingnya partisipasi Muhammadiyah dalam politik Kebangsaan dan politik lokal, Gerakan dakwah Muhammadiyah perlu ditopang dengan kebijakan-kebijakan politik yang arif dan luhur, oleh karena itu Muhammadiyah perlu mengambil peran mencerdaskan masyarakat yang kelak diharapkan dapat menjadi pemilih cerdas dalam setiap momentum pemilihan legislatif dan eksekutif.

Dr. H. Abd Rahman Rahim, menjelaskan bahwa perguruan tinggi Muhammadiyah menjadi salah satu lokomotif utama untuk membentuk akal sehat generasi Muda, pemuda yang sehat akalnya dapat lebih jernih dalam menentukan arah masa depan bangsa.

Dr. H.M Syaiful Saleh menambahkan bahwa sangat penting lembaga legislatif dikendalikan oleh wakil-wakil rakyat yang mempunyai integritas dan keberpihakan kepada rakyat, beliau memberi contoh betapa banyak efisiensi anggaran negara yang bisa ditekan jika wakil-wakil rakyat bisa bersikap jujur dan berkeadilan dalam merumuskan kebijakan-kebijakan.